Senin, 29 Agustus 2016

Wisata Religi ke Sumur Tujuh Cikajayaan

  Senin, 29 Agustus 2016
http://indonesiana.merahputih.com
Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, tidak hanya terkenal akan eksotisme wisata alamnya. Di kabupaten yang berbatasan dengan Jawa Tengah ini juga terdapat objek-objek wisata religi.

Salah satunya ialah Sumur Tujuh Cikajayaan. Letaknya berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tak jauh dari Telaga Biru, sekira 700 meter. Namun, bila perjalanan dari Kota Kuningan, memakan waktu sekitar 45 menit. Sementara dari Kota Cirebon sekitar 1 jam lebih.

Sumur Tujuh Cikajayaan merupakan sumur tua berusia ratusan tahun. Konon kabarnya, sumur ini dibentuk oleh salah seorang wali dari Cirebon. Karena itulah, nilai religi dan mistisismenya tetap terjaga hingga saat ini.

Terdapat tujuh sumur. Masing-masing sumur memiliki nama, atau warga sekitar biasa menyebutnya dengan angka, misal sumur 1 dan sumur 2. Sumur satu merupakan sumur tertua, sehingga dibuatkan atap pelindung.


Di sini pengunjung bisa mengirim doa untuk wali sesepuh di Kabupaten Kuningan dan Cirebon. Biasanya, dalam momen tertentu, tempat ini sering dijadikan tempat ritual tertentu. Tepatnya di gazebo. Gazebo tersebut juga bisa digunakan untuk beristirahat peziarah atau wisatawan.

Selain wisata religi, pengunjung bisa menikmati terapi ikan. Salah satu sudut kawasan Sumur Tujuh Cikajayaan memiliki kolam ikan terapi khusus pengunjung. Nah, untuk menikmati terapi ikan, pengunjung hanya dikenai biaya Rp3000 per orang.

Tak ada tarif resmi masuk ke kawasan wisata religi ini. Hanya saja, pengunjung akan dimintai sumbangan seikhlasnya. Dan itu sifatnya wajib. Bagaimana, tertarik wisata religi di Sumur Tujuh Cikajayaan? Disarankan datanglah beserta teman atau rombongan. (Fre)


Sumber :
Merah Putih. 2016. Wisata Religi ke Sumur Tujuh Cikajayaan Yuk. Diakses tanggal 29 Agustus 2016. Link ; http://indonesiana.merahputih.com/wisata/2016/08/27/wisata-religi-ke-sumur-tujuh-cikajayaan-yuk/45190/