Jumat, 12 Agustus 2016

Palutungan, Tempat Wisata dan Perkemahan Di Kaki Gunung Ciremai

  Jumat, 12 Agustus 2016
Curug Putri | http://ayo-hunting.blogspot.co.id
Palutungan & Curug Putri adalah salah satu objek wisata alam di Kabupaten Kuningan. Palutungan & Curug Putri merupakan sebuah kawasan hutan dan air terjun yang terletak di kaki gunung Ciremai tepatnya di Kecamatan Cigugur, berjarak ± 10 km dari pusat Kota Kuningan.

Hutan wisata Palutungan & Curug Putri yang mempunyai luas areal ± 50 Ha merupakan perpaduan antara pesona alam pergunungan hutan serta air terjun yang jernih, didukung udara pergunungan yang sejuk menantang untuk berwana wisata menguak misteri hutan.

Palutungan adalah area perkemahan di kaki gunung ciremai terletak di Desa Palutungan, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Tempat wisata ini berada 1.100 meter di atas permukaan laut (mdpl). Ini merupakan salah satu alternatif tempat liburan yang ada di kuningan.

CURUG PUTRI 

Selain Pemandangannya yang indah dan menyejukan ada juga sebuah curug yang sering disebut curug ciputri, Curug Putri sendiri berasal dari legenda tempat tersebut sebagai tempat pemandian para putri dari Kahyangan, tempat para bidadari turun ke Bumi. Apabila ada hujan gerimis dan matahari bersinar maka dari Curug Putri ini dapat melihat Pelangi atau Katumbiri dan

masyarakat meyakini bahwa ketika pelangi muncul artinya para dewi yang cantik jelita dari kahyangan sedang turun ke bumi. Curug Ciputri memiliki ketinggian mencapai 20 meter dan berasal dari mata air jauh di dalam hutan Gunung Ciremai (3.078 mdpl).  Curug ini terletak dalam kawasan Bumi Perkemahan Palutungan dengan ketinggian 1.100 – 1.150 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan curah hujan 3.000 mm/tahun, dan sejuknya suhu udara antara 20 – 24C.

Terletak di Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Propinsi Jawa Barat. Curug ini sering dikunjungi oleh para pengunjung yang menganggap tempat itu perlu didatangi, khususnya bagi mereka yang ingin meminta berkah.  Kesan mistis adanya seorang putri yang menunggu daerah itu membuat banyak pengunjung yang datang dengan berbagai alasan lebih dari sekadar berwisata.

Ada yang ingin segera dapat jodoh atau pekerjaan setelah membasuh muka atau mandi di bawah curug (air terjun). Dan aktivitas itu akan terasa ketika mendekati bulan puasa atau hari tertentu yang dikeramatkan. Tempat ini juga merupakan satu dari tiga jalur pendakian menuju puncak Gunung Ciremai. Meski merupakan jalur terpanjang, pendaki lebih memilih lewat sini karena merupakan rute paling mudah.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Selain area camping ground di bumi perkemahan, fasilitas lain yang tersedia adalah tempat parkir, toilet umum, sarana ibadah, warung jajanan, pusat informasi, rafting, camping area, saung, pos jaga, pondok kerja, papan petunjuk, instalasi air bersih, shelter, tempat sampah, bangku. Ditempat ini dapat pula bersantai dan menikmati jajanan yang tersedia. Sayangnya fasilitas tersebut di atas tidak terawat dengan baik. Coretan di dinding batu, atau prasarana umum seperti pos penjagaan dan kamar mandi, banyak terlihat. Daun kering pun berserakan dan menyampah di sekitar area perkemahan.

Sumber :
  1. Kabupaten Kuningan Blogspot. 2016. Tempat Wisata Palutungan dan Curug CIputri Kabupaten Kuningan. Diakses tanggal 13 Agustus 2016. LInk ; http://kabupaten-kuningan.blogspot.co.id/2013/04/tempat-wisata-palutungan-curug-ciputri.html
  2. Ayo Hunting. 2016. Sejuknya Wisata Alam Palutungan dan Curug Putri Kuningan . Diakses tanggal 13 Agustus 2016. Link ; http://ayo-hunting.blogspot.co.id/2016/01/sejuknya-wisata-alam-palutungan-dan.html