Jumat, 28 Oktober 2016

LSM-Ormas Ramai-ramai Dukung Geothermal, Kenapa?

  Jumat, 28 Oktober 2016



Ilustrasi. (Sumber : http://www.radarcirebon.com/)
Setelah ormas dan LSM yang tergabung dalam Barak memberikan dukungan terhadap rencana eksplorasi geothermal, kini giliran ormas Siluman. Ormas tersebut memandang penting pelaksanaan tambang panas bumi pasca mendengarkan penjelasan dari kementerian ESDM tempo hari.

“Dengan adanya potensi energi panas bumi di wilayah Kabupaten Kuningan tepatnya di Gunung Ciremai yang menimbulkan gonjang ganjing dan pro kontra di tataran masyarakat, maka menelisik kami untuk mengetahui secara detail tentang dampak dari energi alternatif yang dapat diperbaharui dan berkelanjutan yaitu energi panas bumi,” kata Ketua Siluman Muhammad Noor ST, Kamis (27/10).
Baca juga :  Kemenpar Menilai Kuningan Kaya Potensi Wisata Tersembunyi
Pertanyaan yang banyak muncul di masyarakat ini akhirnya direspons secara cepat oleh kementrian ESDM dengan melakukan sosialisasi. Kebetulan organisasinya ikut hadir sebagai peserta sosialisasi tersebut. Dikatakan, banyak sekali pengetahuan serta informasi yang didapat dari pemaparan para ahli yang dihadirkan oleh ESDM. Sedikit banyaknya membuka wawasan yang tadinya awan terhadap energi alternatif ini menjadi paham dan mengerti akan energi alternatif terbarukan ini.

“Setelah kami dengar, dalami dan cermati serta dipelajari, secara komprehensif akhirnya ormas kami mengambil sikap untuk mendukung keberadaan pemanfaatan sumber daya panas bumi di Gunung Ciremai yang notabene menurut kami akan membawa kemaslahatan masyarakat Kabupaten Kuningan pada khususnya,” tegas dia.

Oleh karena itu pula pihaknya meminta ketegasan kepada pemerintah daerah untuk bersikap tegas mendukung keberadaan program pemerintah pusat ini. Ia sungguh sangat berharap hal ini terealisasi. Bahkan Noor siap bersinergi dengan pemerintah daerah yang notabene kepanjangan tangan dari pemerintah pusat untuk senantiasa mendukung program yang sangat prospektif tersebut.
Baca juga : Wisata Religi ke Sumur Tujuh Cikajayaan
Di tempat lain, Abdul Haris SH selaku pengamat mengajak Kuningan kepada semua elemen masyarakat untuk memberikan pandangan objektif. Baik dari kalangan mahasiswa maupun kalangan pergerakan atau para aktivis serta ormas yang ada di kabupaten kuningan. Dijelaskannya, dalam rangka program pusat mengenai geothermal yang akan di peruntukan untuk memperbesar penerangan, ia mendukungnya.

“Setelah kami ikuti dengan cermat program tersebut, kami mendukung dikarenakan demi untuk bisa dimanfaatkan oleh msyarakat banyak. Dan kepada pihak yang menolak kami mengajak untuk duduk bersama dalam rangka program pusat tersebut,” kata Haris.

Jika mengacu kepada UUD 45 pasal 33 ayat 3, tambahnya, bumi air dan lainya adalah hak dan dikelola oleh negara demi untuk di pergunakan oleh msyarakat banyak. “Yang penting kami meminta kepada Pemerintahan Kabupaten Kuningan di bawah kepemimpinan bapak H Acep Purnama untuk taat prosedur, jangan seperti yang sudah-sudah,” pintanya.

Sumber :
Radar Cirebon. 2016. LSM-Ormas Ramai-ramai Dukung Geothermal, Kenapa?. Diakses tanggal 29 Oktober 2016. Link ; http://www.radarcirebon.com/lsm-ormas-ramai-ramai-dukung-geothermal-kenapa.html