Jumat, 12 Agustus 2016

Ciremai Street Art Foundation (CSF) – Kuningan, Jawa Barat

  Jumat, 12 Agustus 2016

Dikenal sebagai salah satu kota terbersih di ujung propinsi Jawa Barat dan sempat meraih penghargaan Piala Adipura, ternyata Kuningan masih terlihat kurang menarik saat itu. Hingga akhirnya di tahun 2005, sekelompok anak muda dengan keterbatasan kemampuannya mencoba untuk menghiasi tembok-tembok kota dengan karya-karya visual.

Pro dan Kontra pun muncul dari berbagai kalangan khususnya pihak aparat. Sebagian menganggap street art dianggap vandalisme dan sebagai hama yang perlu dibasmi.

Berangkat dari kegelisahan ini, para street artist di kota ini kemudian berinisiatif membuat forum khusus yang menaungi seluruh kegiatan street art. Dan di akhir tahun 2011, dipelopori oleh Fahmi alias Neogreenmonster dan Fizar dari 2F Crew, Ciremai Street Art Foundation (CSF) terbentuk.

Sebagai forum khusus yang menaungi pelaku street art  di Kuningan, banyak dukungan mengalir untuk CSF, beberapa diantaranya dari bomber lama asal Kuningan, seperti Kang Harry RVLV dan Kang Tzar FAB Family.

Berbeda dengan crew dan clan, CSF hadir sebagai sarana penghubung antar street artist  untuk saling berbagi dan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan street art. Mengisi setiap sudut kota Kuningan dengna street art adalah salah satu misi CSF yang peduli terhadap keindahan tata kota, serta memperkenalkan street art kepada masyarakat agar bisa lebih diterima sebagai salah satu bentuk budaya urban yang akan terus berkembang di masa depan.

FB: CiremaiStreetArtFoundation

Sumber : 
Hip Hop Indo.Net. 2016. Ciremai Street Art Foundation (CSF) . Diakses tanggal 13 Agustus 2016. Link ; http://hiphopindo.net/ciremai-street-art-foundation-csf-kuningan-jawa-barat/